Corat coret · Kuliner

Kuliner Salatiga

Salatiga, kadangkala mengingatkan saya dengan Jogja. Kenapa? Karena suhu udaranya yang dingin. Kota Salatiga dapat di tempuh sekitar 2 jam dari bandara Achmad Yani (Semarang) via toll. Tapi kalau weekend bisa memakan waktu yang lebih lama. Untungnya waktu itu saya mendapatkan driver yang mengerti jalan tikus jadi bisa menghindari macet. Selama di Salatiga saya menginap di Hotel Laras Asri. Suasananya hotelnya remang-remang dan kental dengan nuansa Jawa. Saya selalu tergoda untuk nonton HBO dan sejenisnya, maklumlah tidak berlangganan TV berbayar. Haha… Jalanannya lancar, mau kemana-mana bisa cepet.

Kali ini saya akan menceritakan tentang kuliner yang sempat saya cicipi di Salatiga. Makanan di Salatiga termasuk murah dan rasanya enak. Ada beberapa tempat yang saya kunjungi, antara lain:

1. MJ

Begitu denger MJ, saya langsung ingat dengan Spyderman. Hehe..
Menu yang ada di MJ bervariasi. Mulai dari chinese food sampai dengan ala-ala penyetan dan bakar-bakaran. Ada juga bakpao mini yang harganya 5ribu. Tersedia dalam berbagai rasa: coklat, kumbu, keju, dll.

Yang paling saya suka di sini adalah JUICEnya. Harganya sekitar 10ribu. Murah dan kerasa buahnya. Gak cuma sekedar air, tiba-tiba inget juice yang ada di deket kantor yang lebih banyak airnya.

2. Bistro

Saya masih heran dengan lokasi tempat makan ini. Mblusuk-mblusuk tempatnya. Tapi yang datang adalah bule-bule. Setelah saya tanya, ternyata di daerah Salatiga ada beberapa sekolah yang pengajarnya bule. Di dalam Bistro terdapat area bermain untuk anak-anak. Saya Bistro sampai 3x.

Rasa makanannya enak banget. Menu yang dihidangkan ala western. Saya mencoba steak, spaghetti carbonara, macaroni with cheese sauce, hot chocolate, dan juice. Asli semuanya enak banget. Hot chocolate tersedia dalam 2 pilihan yang kental dan encer. Saya mencoba yang kental. Saya kira akan berupa minuman, tapi ternyata kental seperti fla dan disajikan di dalam cangkir. Enak banget…

Mengenai harga sih lumayan mahal. Tapi sebandinglah dengan rasanya. Semua yang pernah saya coba, saya rekomendasi, apalagi hot chocolatenya.

3. Yege

Terletak di sebuah perempatan di Salatiga. Yege buka sampai malam. Menunya bervariasi, mulai dari steak, nasi goreng, roti bakar, pisang goreng, bahkan ada indomie. Harganya juga murah banget. Sampai temen saya berani pesan 2 steak. Kalau saya sih waktu itu pesan nasi dan nuget aja. Tapi kemudia tergoda buat pesan roti bakar. Wkwk..
Suasananya cocok buat ngobrol-ngobrol.

4. Kafe Ole

Kalau mau makan di tempat ini, sebaiknya pesen dulu via telp. Lumayan lama penyajiannya. Sebagai pecinta kwetiau goreng, saya mencoba memesan kwetiau goreng. Rasanya lumayan enak. Tapi tetap tidak ada yang mengalahkan enaknya kwetiau goreng di RM Chines Food dekat Tugu Jogja.

Menunya antara lain: steak, chinese food, mendoan, goreng-gorengan, dll.

Lokasinya sih lebih enak buat kongkow-kongkow, mungkin karena remang-remang kali ya. Yang recommended dari Kafe Ole adalah steak dan ayamnya. Mengenai harga sih lumayan murah.

5. Bu Rini

Menunya mirip-mirip dengan Kafe Ole. Terletak di pinggih sawah. Kalau disini juga tersedia menu masakan lokal seperti bakmi jawa alias mie godhog. Yang recommended disini adalah IGA. Kuahnya enak dan dagingnya empuk.

Saya juga sempat mampir ke Salib Putih. Sepanjang perjalanan menuju ke Salib Putih, saya banyak melihat tempat makan dan cafe-cafe. Dari sini kita bisa melihat kota Salatiga dan Rawa Bening. Jangan lupa untuk mencicipi Yogurt yang ada di Salib Putih. Buatan Susteran yang ada di Goedono. Rasanya lebih enak dan lebih kental daripada Cimory. Sekian “liburan” saya di Salatiga.

Note:
Maaf ya gak ada fotonya. Hehe…

Advertisements

One thought on “Kuliner Salatiga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s